Skip to main content

Mulut dan Sungut ikan Mas


MULUT DAN SUNGUT IKAN MAS (Cyprinus carpio)



DODI FAN HALEN SIREGAR
170340028
ILMU KELAUATAN




 


  

PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
ACEH UTARA
2018




KATA PENGANTAR
Dengan mengucap hamdallah, alhamdullilah hirobbil ‘alamin. Puji syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan penulis rahmat, karunia serta taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas praktikum iktiologi, yaitu Ikan Mas (cyprinus carpio) Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Riri Ezraneti, S.Pi., M.Si. dan Ibu Muliani, M.Si. yang telah mengajarkan mata kuliah Iktiologi sehingga penulis mampu memahami tentang bagian morfologi ikan dan membuat penulis mampu mengembangkan laporan ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada tiga orang kakak asisten dosen, yaitu kakak Dinda Utami, kakak Cut, dan kakak Dinda Nehla yang telah bersedia meluangkan waktunya yang berharga untuk mengajari secara langsung kegiatan praktikum ini. Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga laporan praktikum ini bisa bermanfaat dan jangan lupa ajukan kritik dan saran terhadap laporan ini agar kedepannya bisa diperbaiki.


Reuleut, 16 Oktober 2018
Penulis



No.             Isi                                                      Halaman
1.          Ikan Mas (cyprinus carpio)                           3
2.          Hasil gambar praktikum                               11

No.                       Isi                                                      Halaman
1.                         Alat                                                        5
2.                         Bahan                                                     5  
                                           

Ikhtiologi berasal dari gabungan dua kata Yunani yaitu “ichthyes” yang artinya ikan dan Logos artinya ilmu. Dengan demikian ikhtiologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari ikan dengan segala aspek kehidupannya termasuk didalamnya bentuk luar atau morfologi,anatomi,fisiologi,taksonomi serta identifikasinya. Ikhtiologi terbagi atas dua yaitu ikhtiologi sistematika dan ikhtiologi fungsional. Ikhtiologi sistematika berbicara tentang morfologi ikan, sedangkan ikhtiologi fungsional lebih mengarah pada fungsi organ pada ikan.
Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes).Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inch). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.
Mulut dan sungut pada ikan terletak dibagian anterior kepala dengan bentuk, ukuran dan posisi yang saling bervariasi sesuai dengan kebiasaan hidup dan lingkungan dimana ikan-ikan itu berada. Hal tersebut menyebabkan bentuk dan ukuran mulut ikan omnivor maupun carnivor berbeda. Bahkan bentuk dan ukuran mulut ikan-ikan yang hidup didaerah pelagis berbeda dengan bentuk dan ukuran mulut ikan yang hidup di karang.


Mempelajari bentuk-bentuk dari mulut ikan
Untuk mengetahui ukuran mulut pada ikan
Mengetahui ukuran sungut
Mengetahui jumlah dan posisi sungut pada ikan


Mampu mengembangkan pengetahuan sebagai mahasiswa kelautan secara ilmiah  mengenai ukuran mulut dan sungut
Mampu membedakan antara mulut protaktil dengan nonprotaktil
Mampu menganalisa posisi mulut dengan bola mata


Klasifikasi ikan mas menurut Saanin (1984) adalah sebagai berikut

·   Phyllum        : Chordata
·   Subphyllum  : Vertebrata
·   Superclass    : Pisces
·   Class             : Osteichthyes
·   Subclass       : Actinopterygii
·   Ordo             : Cypriniformes
·   Subordo       : Cyprinoidea
·   Family          : Cypridae
·   Subfamily     : Cyprinidae
·   Genus           : Cyprinus
·   Species         : Cyprinus carpio


Gambar.Ikan Mas (Cyprinus carpio)


Morfologi Ikan mas (Cyprinus carpio)
Tubuh ikan mas memiliki ciri-ciri antara  lain: bentuk badan memanjang dan sedikit pipih ke samping, mulut terletak di ujung tengah (terminal) dan dapat disembulkan (protektil) serta dihiasi dua pasang sungut. Selain itu di dalam mulut terdapat gigi kerongkongan, dua pasang sungut ikan mas terletak di bibir bagian atas. Gigi kerongkongan (pharyngeal teeth) terdiri atas tiga baris yang berbentuk geraham, memiliki sirip punggung (dorsal) berbentuk memanjang dan terletak di bagian permukaan tubuh, berseberangan dengan permukaan sirip perut (ventral) bagian belakang sirip punggung memiliki jari-jari keras sedangkan bagian akhir berbentuk gerigi, sirip dubur (anal) bagian belakang juga memiliki jari-jari keras dengan bagian akhir berbentuk gerigi seperti halnya sirip punggung, sirip ekor berbentuk cagak dan berukuran cukup besar dengan tipe sisik berbentuk lingkaran (cycloid) yang terletak beraturan, gurat sisik atau garis rusuk (linea  lateralis) ikan mas berada di pertengahan badan dengan posisi melintang dari tutup insang sampai ke ujung belakang pangkal ekor

Huet, (1971) menyatakan habitat ikan mas hidup pada kolam-kolam air tawar dan danau-danau serta perairan umum lainnya. Dalam perkembangannya ikan ini sangat peka terhadap perubahan kualitas lingkungan. Ikan mas merupakan salah satu ikan yang hidup di perairan tawar yang tidak terlalu dalam dan aliran airtidak terlalu deras. Ikan mas dapat hidup baik di daerah dengan ketinggian 150-600 meter di atas permukaan air laut dan pada suhu 25-30°C. Meskipun tergolong ikan air tawar, ikan mas kadang-kadang ditemukan di perairan payau atau muara sungai yang bersalinitas 25-30 ppt.

Tempat dan Waktu  Praktikum Ikhtiologi dilaksanakan pada hari selasa tanggal  16 Oktober 2018 di Laboratorium Akuakultur, Fakultas Pertanian, Universitas Malikussaleh

Alat dan Bahan yang digunakan selama kegiatan praktikum ikhtiologi    diantanya sebagai berikut :
a.Alat
Tisu befungsi untuk membersihkan atau mengelap tangan setelah memegang ikan.
Nampan berfungsi sebagai tempat ikan tersebut
Pulpen berfungsi sebagai alat pencatat atau menggambarkan bentuk ikan tersebut
Penggaris berfungsi untuk mengukur panjang dan tinggi ikan
Modul sebagai panduan dalam melakukan praktikum


b.Bahan
Ikan Mas sebagai spesies yang diidentifikasi saat praktikum





Adapun metode yang digunakan dalam praktikum ini adalah metode pengamatan secara langsung yaitu mengamati ikan mas (cyprinus carpio) yang masih segar dan melakukan pengamatan tentang morfologi ikan.




·         Alat dan bahan dipersiapkan di atas meja praktikum
·         Bahan praktikum difoto dan digambar
·         Dilakukan identifikasi terhadap ikan berdasarkan bentuk mulut (protaktil dan nonprotaktil).
·         Dilakukan identifikasi mengenai ukuran mulut pada ikan
·         Penentuan mengenai posisi sudut mulut dengan bola mata
·         Dilakukan pengenalan berdasarkan ukuran moncong pada ikan
·         Dilakukan penghitungan mengenai jumlah sungut pada ikan
·         Dilakukan identifikasi mengenai ukuran bibir
·         Dilakukan identifikasi mengenai posisi sungut pada ikan.
·         Setelah praktikum selesai, meja praktikum dibersihkan dan dirapika


Hasil dari praktikum pada hari selasa,16 Oktober 2018 yang berjudul Mulut dan Sungut Ikan yaitu sebgai berikut :
Bentuk mulut                                      : protaktil
Ukuran Mulut                                     : Lebar
Posisi sudut mulut dengan bola mata : Tegak lurus atau sedikit dibelakang bola mata
Bentuk bibir atas                                 : Bergerigi
Moncong                                             : Panjang dan tumpul
Ukuran sungut                                    : Pendek dan tebal
Jumlah Sungut pada rahang atas        : Sepasang
Jumlah sungut pada rahang bawah     : Tidak ada
Ukuran bibir                                        : Tebal
Keadaan Bibir                                     : Hanya bibir atas
Posisi sungut                                       : di atas bibir atas





Mulut dan sungut pada ikan ini terletak di bagian anterior kepala yang saling bervariasi antara jenis ikan yang satu dengan yang lain sesuai dengan kebiasaan hidup dengan lingkungannya dimana ikan tersebut berada. Hal tersebut menyebabkan bentuk ukuran mulut ikan omnivor tidak sama dengan bentuk dan ukuran mulut ikan Karnivora. Ikan yang hidup di daerah pelagis berbeda dengan bentuk dan ukuran mulut ikan yang hidup di daerah batu karang, mulut ikan di daerah kepala dengan posisi yaitu Terminal (mulut berada di depan) subterminal (mulut berada dekat ujung hidung, sedikit agak lebaran) superior (mulut berada diatas hidung) infesior(mulut berada di bawah hidung).

Ikan mas (cyprinus carpio) yang kami gunakan dalam praktikum ini memilliki berat 1.6 kg mempunyai mulut yang berbentuk protaktil,di atas bibir atas terdapat sungut yang sepasang.Ikan ini juga memiliki ukuran mulut lebar yang melebihi dari ukuran mulut sempit dan sedang,kemudian tidak memiliki sungut pada rahang bawah tapi posisi sungut di rahang bibir atas.Adapun posisi sudut mulut dengan bola mata yaitu tegak lurus atau sedikit di belakang bola mata.






Ikan adalah salah satu hewan Vertebrata yang hidup di air. Bernafas dengan insang walaupun ada sebagian bernafas dengan paru-paru dan berdarah dingin.
Ikan mas memiliki bentuk mulut protaktil,ukuran lebar,moncong panjang dan tumpul,ukuran bibir tebal,posisi sungut di atas bibir atas,ukuran sungut pendek dan tebal,jumlah sungut pada rahang atas sepasang.




Diharapkan agar mahasiswa paham dengan mulut dan sungut ikan mas(cyprinus carpio) serta bentuk,ukuran mulut,posisi sudut mulut terhadap bola mata,ukuran bibir,posisi sungut dan jumlah sungut pada rahang atas dan bawah, serta menguasai konsep dan prosedur kerja pada saat pratikum sedang berlangsung





Dr. Hj. Tuti Kurniawati, M.Pd, Bintari Yustiana, M.Si & Sumiyati Sa’adah, M.Si.
2012.Zoology vertebrata. HMPB painting, Bandung.
Prawirohartono, 1989. Biologi ikan. Erlangga. Jakarta







Hasil Gambar Praktikum







Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGARUH LAUT TERHADAP IKLIM DAN DAMPAK YANG DITIMBULKANNYA

Laut merupakan suatu perairan yang sangat luas yang memiliki banyak manfaat terhadap makhluk hidup di bumi. Laut juga memiliki  sumber daya, baik yang bisa di perbaharui (renewable) ataupun yang tidak bisa diperbahurui (non renewable). Jika kita lihat dari segi luas maka lebih dari dua per tiga permukaan Bumi ini ditutupi oleh samudera dan juga lautan. Oleh karena luasnya yang sedemikian besar, maka banyak sedikit laut turut ambil dalam menentukan iklim di suatu wilayah. Coba kita perhatikan, negara- negara yang berbentuk kepulauan dengan luas wilayah lautnya lebih besar daripada daratan dengan negara yang tidak memiliki wilayah laut sama sekali. Tentu iklim kedua negara tersebut berbeda bukan? Negara yang tidak memiliki wilayah laut tentu akan lebih kering, sementara negara yang memiliki banyak wilayah laut lebih banyak mendapatkan curah hujan. Maka dari itulah laut akan sangat berpengaruh terhadap iklim di suatu wilayah. Selain dari penjelasan di atas, kira-kira  apa la

INOVASI KERIPIK TAPE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI DESA MEURAH PALOH,LHOKSEUMAWE

INOVASI KERIPIK TAPE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI   DESA MEURIAH PALOH KECAMATAN MUARA SATU LHOKSEUMAWE DODI FAN HALEN SIREGAR 170340028 PRODI ILMU KELAUTAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH 2018 LEMBAR PENGESAHAN Karya tulis ilmiah “Inovasi Keripik Tape Untuk Meningkat Perekonomian Masyarakat di Desa Meuriah Paloh ’’ Oleh Dodi Fan Halen Siregar   NIM 170340028 telah disetujui pada tanggal 24 September 2018 dan Mendapat bimbingan . Aceh Utara , 24 September 2018 Pembimbing RIRI ERZANETI, S.Pi,M.Si                                                 KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Inovasi Keripik Tape Untuk Meningkatkan