Skip to main content

PENGARUH LAUT TERHADAP IKLIM DAN DAMPAK YANG DITIMBULKANNYA



Hubungan antara Laut dan Iklim

Laut merupakan suatu perairan yang sangat luas yang memiliki banyak manfaat terhadap makhluk hidup di bumi. Laut juga memiliki  sumber daya, baik yang bisa di perbaharui (renewable) ataupun yang tidak bisa diperbahurui (non renewable). Jika kita lihat dari segi luas maka lebih dari dua per tiga permukaan Bumi ini ditutupi oleh samudera dan juga lautan. Oleh karena luasnya yang sedemikian besar, maka banyak sedikit laut turut ambil dalam menentukan iklim di suatu wilayah. Coba kita perhatikan, negara- negara yang berbentuk kepulauan dengan luas wilayah lautnya lebih besar daripada daratan dengan negara yang tidak memiliki wilayah laut sama sekali. Tentu iklim kedua negara tersebut berbeda bukan? Negara yang tidak memiliki wilayah laut tentu akan lebih kering, sementara negara yang memiliki banyak wilayah laut lebih banyak mendapatkan curah hujan. Maka dari itulah laut akan sangat berpengaruh terhadap iklim di suatu wilayah.


Selain dari penjelasan di atas, kira-kira  apa lagi ya pengaruh laut terhadap iklim? Sebenarnya bagian laut yang memiliki pengaruh tinggi terhadap iklim  adalah Arus Laut. Arus laut merupakan gerakan air laut baik secara vertikal ataupun  horizontal dari massa air yang menuju kestabilan secara terus menerus. Kita bayangkan saja jika tidak ada arus laut maka suhu di bumi ini tidak akan stabil, dengan adanya arus laut maka perairan yang ada di  daerah tropis akan memungkinkan berpindah menuju  ke arah kutub. Kemudian laut juga dapat membantu penyerapan panas yang dipancarkan oleh matahari, sehingga pada waktu siang hari suhu bumi tidak begitu panas begitupun sebaliknya pada waktu malam hari suhu tidak begitu dingin karena air laut tadi menyerap panas. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai apa saja pengaruh arus laut terhadap iklim. Beberapa pengaruh laut terhadap iklim yaitu sebagai berikut :


Arus laut yang dingin akan menyebabkan penurunan suhu udara di sekitar daratan, sedangkan arus laut panas akan menaikkan suhu di sekitar daratan. Arus yang mengarah ke wilayah kutub pada umumnya bersifat lebih panas daripada lingkungan di sekitarnya, sehingga dinamakan arus panas. Sebaliknya, arus yang menuju ke wilayah equator pada umumnya bersifat lebih dingin daripada lingkungan yang ada di sekitarnya, sehingga dinamakan arus dingin. Sebagai contoh misalnya Arus Teluk Atlantik Utara mempertahankan suhu musim dingin di sepanjang pantai di Eropa Barat di atas 0 serajat Celcius. Selain itu pengaruh arus panas Kuroshiwo pada pantai- pantai yang ada di sekitarnya.
Arus panas pada umumnya mengakibatkan peningkatan curah hujan, karena udara yang berada di atas lautan banyak membawa uap air. Sebaliknya, arus dingin yang sedikit membawa uap air dan bergerak ke daerah lebih panas, kelembaban menjadi turun.
Udara yang terbentuk di atas macam- macam arus terkadang dapat bertemu dan sebagian akan terkondensasi membentuk sebuah kabut sehingga ini bisa salah satu pemicu turunnya hujan.


Nah itulah beberapa pengaruh laut terhadap iklim. Pengaruh iklim ini akan berdampak pada wilayah yang luas dan bisa saja dialami oleh beberapa negara yang berada di sekitar laut tersebut. Selain beberapa pengaruh yang telah disebutkan di atas, kaitan laut dengan iklim juga akan menyebabkan suatu fenomena besar yang kita kenal dengan El Nino dan La Nina. Apa itu El Nino dan La Nina? Mari kita bahas bersama.
  • La Nina merupakan suatu istilah yang digunakan ketika terjadinya penurunan suhu di samudra pasifik
  • dan El Nino juga merupakan suatu kejadian terjadinya keanikan suhu di samudra pasifik dengan kenaikan diatas rata-rata 

La Nina dan El Nino juga sangat mempengarui iklim terkhususnya di indonesia, dimana yaitu pada waktu terjadinya La Nina maka akan terjadi musim hujan di indonesia, sebaliknya jika terjadinya El Nino maka akan  terjadi musim kemarau di sebagian wilayah indonesia.
El Nino dan La Nina merupakan istilah global yang terjadi karena beberapa faktor yaitu sebagai berikut :
  • Anomali suhu yang mencolok di wilayah perairan Samudera Pasifik
  • Melemahnya angin pasat di selatan Samudera Pasifik yang menyebabkan pergerakan angin jauh dari normal
  • Kenaikan daya tampung lapisan atmosfer yang disebabkan oleh pemanasan dari perairan panas yang ada di bawahnya
  • Adanya perbedaan arus laut di perairan Samudera Pasifik

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengaruh laut terhadap iklim dan dampaknya yang ditimbulkannya, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua.




Comments

Popular posts from this blog

Mulut dan Sungut ikan Mas

MULUT DAN SUNGUT IKAN MAS ( C yprinus carpio ) DODI FAN HALEN SIREGAR 170340028 ILMU KELAUATAN       PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH ACEH UTARA 2018 KATA PENGANTAR Dengan mengucap hamdallah, alhamdullilah hirobbil ‘alamin. Puji syukur penulis panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan penulis rahmat, karunia serta taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas praktikum iktiologi, yaitu Ikan Mas ( cyprinus carpio) Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Riri Ezraneti, S.Pi., M.Si. dan Ibu Muliani, M.Si. yang telah mengajarkan mata kuliah Iktiologi sehingga penulis mampu memahami tentang bagian morfologi ikan dan membuat penulis mampu mengembangkan laporan ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada tiga orang kakak asisten dosen, yaitu kakak Dinda Utami, kakak Cut, dan kakak Dinda Nehla yang telah bersedia meluangkan

INOVASI KERIPIK TAPE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI DESA MEURAH PALOH,LHOKSEUMAWE

INOVASI KERIPIK TAPE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI   DESA MEURIAH PALOH KECAMATAN MUARA SATU LHOKSEUMAWE DODI FAN HALEN SIREGAR 170340028 PRODI ILMU KELAUTAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH 2018 LEMBAR PENGESAHAN Karya tulis ilmiah “Inovasi Keripik Tape Untuk Meningkat Perekonomian Masyarakat di Desa Meuriah Paloh ’’ Oleh Dodi Fan Halen Siregar   NIM 170340028 telah disetujui pada tanggal 24 September 2018 dan Mendapat bimbingan . Aceh Utara , 24 September 2018 Pembimbing RIRI ERZANETI, S.Pi,M.Si                                                 KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Inovasi Keripik Tape Untuk Meningkatkan